Wisata


WISATA PENDAKIAN GUNUNG BISMO VIA MARON

Gunung Bismo adalah salah satu dari sekian gunung yang ada di Jawa Tengah yang terletak di wilayah Watumalang dan Mojotengah di sebelah utara Wonosobo, berada di antara jejeran pegunungan dataran tinggi Dieng. Puncak gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.365 meter dari permukaan laut (Mdpl) ini masih perawan dan banyak menyimpan pemandangan yang asri. Salah satu jalur pendakian untuk menuju ke sana yaitu Via Maron yang berada di Dusun Maron, Desa Mutisari, Kecamatan Watumalang ini menjadi jalur yang terbilang banyak peminatnya karena sepanjang jalur banyak ditemukan pohon yang rindang sehingga menambah kesejukan saat melintasinya.

Registrasi masuk di basecamp untuk pendaki saat era New Normal seharga Rp. 15.000 per orang dan tarif parkir motor Rp. 10.000 per motor dengan kuota maksimal 100 pengunjung per harinya. Untuk mencapai puncak Gunung Bismo, jalur yang dilewati di awali dengan gerbang selamat datang dan setidaknya 4 pos yaitu pos 1 Ngesong, pos 2 Banyu Semurup, pos 3 Dewi Simpang dan yang terakhir pos 4 Cemoro Gondok. Satwa endemik di sini adalah lutung jawa yang dimana bisa ditemukan di sepanjang jalur pendakian yang hidup liar berdampingan dengan pohon besar yang rindang.

Untuk menuju basecamp via maron, diperlukan perjalanan sejauh 20 kilometer dari alun-alun Kota Wonosobo dengan estimasi waktu 43 menit. Bagi pengunjung yang ingin melakukan pendakian jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku karena untuk mengurangi penyebaran virus yang masih terjadi. 


Total Dibaca

  

Contact Details

Telephone: 082243359118
Email:  -
Website: https://mutisari-watumalang.wonosobokab.go.id

Jl. Kyai Sukro Rt. 06 Rw. 03 Desa Mutisari Kec. Watumalang Kab. Wonosobo